KOMUNIKASI YANG EFEKTIF , CARA MENCEGAH INSIDEN KESELAMATAN PASIEN .
Pada hari ke-8 pelatihan 5 wajib , Komunikasi Efektif menjadi salah satu materi pelatihan. Salah satu akar masalah terjadinya insiden keselamatan pasien di rumah sakit adalah komunikasi antara Profesional Pemberi Asuhan (PPA) dengan pasien yang tidak efektif. Oleh karena itulah materi ini sangat penting diberikan pada seluruh karyawan.
Ari Setika menyampaikan komunikasi efektif antara PPA dengan pasien dan keluarga , sedangkan Reni Yunitasari lebih menekankan pada komunikasi antar PPA.
Orang yang menyampaikan pesan disebut sebagai komunikator sedangkan yang menerima pesan disebut sebagai komunikan. Komunikasi akan efektif apabila komunikan memahami apa yang disampaikan komunikator dan melakukan perubahan sikap.
Disampaikan pula penulisan rekam medis harus jelas, mudah dibaca. Terlebih penulisan resep harus dapat dibaca sehingga tak akan terjadi insiden keselamatan pasien.
Acara diisi juga dengan contoh vidio komunikasi efektif dan praktek komunikasi efektif.
(arh)
- By admin
- 23 Januari 2019
- 17