• (0274) 391007, 391288
  • rsudwonosari06@gmail.com

KOMUNIKASI YANG EFEKTIF , CARA MENCEGAH INSIDEN KESELAMATAN PASIEN .


Pada hari ke-8 pelatihan 5 wajib , Komunikasi Efektif menjadi salah satu materi pelatihan. Salah satu akar masalah   terjadinya insiden keselamatan pasien di rumah sakit adalah komunikasi antara Profesional Pemberi Asuhan (PPA) dengan pasien yang tidak efektif. Oleh karena itulah materi ini sangat penting diberikan pada seluruh karyawan.

Ari Setika menyampaikan  komunikasi efektif antara PPA dengan pasien dan keluarga ,  sedangkan Reni Yunitasari lebih menekankan pada komunikasi antar PPA.

Orang yang menyampaikan pesan disebut sebagai komunikator sedangkan yang menerima pesan disebut sebagai komunikan. Komunikasi akan efektif apabila komunikan memahami apa yang disampaikan komunikator dan melakukan perubahan sikap.

Disampaikan pula penulisan rekam medis harus jelas, mudah dibaca. Terlebih penulisan resep harus dapat dibaca sehingga tak akan terjadi insiden keselamatan pasien.

Acara diisi juga  dengan contoh vidio komunikasi efektif dan praktek komunikasi efektif.

(arh)

  • By admin
  • 23 Januari 2019
  • 17

Berita Terbaru


RSUD Wonosari Ambil Bagian dalam Gerakan Jumat Bersih: Wujud Nyata Peduli Lingkungan

Wonosari, 13 Juni 2025 – RSUD Wonosari turut berpartisipasi aktif…

RSUD Wonosari Lakukan Studi Tiru Pelayanan Stroke ke RSA UGM: Menuju Layanan Stroke Terpadu dan Responsif

Yogyakarta, 12/06/25 – Dalam upaya meningkatkan kualitas dan kecepatan penanganan…

RSUD Wonosari Gelar Workshop Update INA-CBGs dan Strategi Klaim BPJS

Wonosari, 10/06/25 – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wonosari menggelar…

RSUD Wonosari Laksanakan Penyembelihan Hewan Kurban di Momen Idul Adha 1446 H

Wonosari, 9 Juni 2025 — Dalam rangka merayakan Hari Raya…

RSUD Wonosari Gelar Sosialisasi KTR dan Edukasi Bahaya Rokok dalam Rangka Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2025

Wonosari, 31/05/25 – Dalam rangka memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia…